Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Asal Usul Rasi Bintang

Kamis, 22 November 2012

Asal Usul Rasi Bintang


Asal Usul Rasi Bintang
     
Rasi bintang memang khayalan manusia saat manusia melihat bintang-bintang berbentuk beruang, kala jengking, dan lain-lain. Khayalan itu sangat menyenangkan dan indah. Bahkan, rasi bintang berguna sebagai penunjuk arah.
   
Ilmuwan menduga manusia telah membuat rasi bintang sejak zaman es. Rasi bintang Ursa Major (Beruang Besar) telah jadi legenda di Alaska dan Siberia. Padahal, kamu tahu,kan, penduduk Alaska dan Siberia adalah penduduk terpencil sejak zaman dahulu.
 
 Di akhir zaman es atau 14.000 tahun yang lalu, orang Mesir kuno juga punya rasi bintang sendiri. Rasi bintang yang terkenal adalah rasi bintang Burung Nazar, ular Cobra, Sungai Nil dan Osiris ( Orion). Rasi bintang Burung Nazar punya mata bintang Vega yang cemerlang. Orang mesir juga berkhayal susunan bintang-bintang di langit seperti jenggot Fir’aun, Sapi dan Sphinx.

Namun, orang Babylonia paling rajin membuat dan mencatat rasi bintang di langit (sekitar 5600 Sebelum Masehi). Bahkan, orang Babylonia selalu mencatat kejadian-kejadian di langit dengan teliti . Mereka mencatat gerhana dan gerak bintang. Karena orang Babylonia percaya bintang mempengaruhi nasib manusia. Orang Babylonia –lah yang pertama kali membuat sebutan zodiak. Beberapa zodiak Babylonia masih dipakai saat ini, yaitu Sagitarius, Virgo, Gemini, dan Pisces. Ilmu rasi bintang Babylonia lalu diambil bangsa Yunani. Bangsa Yunani menambahkan dongeng dewa-dewa Yunani ke rasi bintang Babylonia.

Orang Cina juga memiliki rasi bintang sendiri sejak zaman kuno. Sayangnya, rasi bintang Cina kurang terkenal. Kini Astronom memakai rasi bintang mederenbuatan International Astronomy Union. Rasi bintang moderen dilengkapi rasi bintang buatan para pelaut Eropa abad 16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar