Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Rahasia Ikan Yang Amis

Minggu, 04 November 2012

Rahasia Ikan Yang Amis


Ikan Yang Amis
Kenapa sih ikan berbau amis?
    
     Ikan adalah sumber makanan bagi kita yang sangat penting dan bergizi. Namun, orang kadang tidak suka ikan karena berbau amis. Eh, tapi katanya, ikan tidak berbau amis jika segar atau baru diambil dari air,lo. Oleh karena itu, orang dewasa selalu mencari ikan yang segar supaya rasa dagingnya tidak amis.

    Bau amis ikan terjadi karena pekerjaan bakteri yang ada di tubuh ikan. Saat kena udara di luar air, bakteri tersebut menghasilkan zat yang berbau amis. Namanya zat amino volatil atau amino terbang. Zat amino ini memang bisa terbang seperti namanya. Jika dia tidak terbang, maka hidung kita tidak akan mencium bau amis ikan. Nah, semakin lama ikan kena udara luar, maka semakin banyak amino terbang yang dihasilkan. Ikan pun semakin amis. Bau amis ikan ini sering dijadikan cara untuk menilai ikan segar.

Bau amis ikan ini ada penawar nya. Penawar nya adalah jeruk. Saat air jeruk dilumurkan pada ikan, terjadi perubahan kimia yang ajaib. Amino volatil berubah menjadi Garam amino. Garam amino ini wujudnya padat dan tidak bisa terbang.Oleh karena itu, bau amis ikan bisa dihilangkan dengan air jeruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar