Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Bahasa Gaul, Boleh Enggak Sih?

Jumat, 09 November 2012

Bahasa Gaul, Boleh Enggak Sih?


BaH4Sa 9AuL,
Boleh Enggak, Sih?

Beda-beda Zaman
     Sebenernya, sejak zaman ayah dan ibu kita, bahasa gaul sudah dipakai di Indonesia. Awalnya sekitar tahun 1970-an, bahasa gaul menjadi bahasa kelompok tertentu untuk membicarakan hal-hal yang rahasia. Namun, kerena mereka sering menggunakannya, orang lain jadi tau artinya. Anak-anak muda pun ikut-ikutan pakai bahasa gaul.
     Bahasa gaul juga punya masanya sendiri-sendiri,lo! Bahasa gaul yang dipakai zaman ayah dan ibu pasti berbeda dengan bahasa gaul anak-anak sekarang. Coba deh, tanyakan kepada ayah dan ibumu, bahasa gaul yang seperti apa yang ada di zaman mereka!
     Kepopuleran bahasa gaul, tentu tidak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi. Saat ini, bahasa gaul semakin mudah menyebar melalui handphone dan internet. Coba, siapa diantara teman-teman yang suka kirim sms dan bikin status facebook dengan bahasa gaul?

Penting Enggak, Ya?
     Namanya saja bahasa gaul. Tentu hanya dipakai dalam pergaulan. Jangan khawatir kalau kamu enggak pandai berbahasa gaul. Kita punya bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Selama kamu bisa berbahasa indonesia, enggak perlu takut dianggap kuno. Biarpun jago berbahasa gaul, tetap enggak gaul namanya kalau kamu enggak jago berbahasa Indonesia. Kita, kan anak Indonesia! Anak Indonesia wajib bisa berbahasa Indonesia.
     Namun, enggak ada salahnya juga, sih, tahu tentang bahasa gaul dan memakainya untuk ngobrol bareng teman-teman. Kadang-kadang, kita juga perlu main-main santai.

Ada Rambu-Rambunya
     Nah biar kamu enggak nyasar, yuk
kita perhatikan rambu-rambu bahasa gaul!
 Rumusnya sama dengan kalau kita bikin tulisan, yaitu
5W + 1H
*What*
Pakai bahasa gaul enggak asal ikut ikutan saja! Kamu harus benar-benar tahu arti kata-kata yang kamu tulis atau yang kamu ucapkan.Jangan sampai sok gaul,tapi malah salah ngomong! Malu,dong!

*When*
Kapan,sih,kita boleh berbicara dengan bahasa gaul? Di acara santai,sih oke. Tetapi tidak di acara-acara resmi ,ya! Bayangkan kalau kamu sedang presentasi lomba karya ilmiah dengan bahasa gaul.Wah,kacau,deh!

*Where*
Berbicara dengan bahasa gaul harus melihat tempat. Kalau kamu sedang di sekolah, sebaiknya enggak pake bahasa gaul,deh! Yuk, kita belajar memakai bahasa resmi di sekolah!

*Who*
Bahasa gaul sebaiknya tidak digunakan  sembarangan. Kita harus ingat, dengan siapa kita bicara. Kalau ngomong dengan teman sebaya yang sudah benar-benar kenal,sih, boleh pakai bahasa gaul. Tetapi, ketika berbicara dengan orang tua atau guru, oh, no, sebaiknya gunakan bahasa resmi,ya!

*How*
Gunakan bahasa gaul secara bijak. Meskipun kamu memakai bahasa gaul, bahasa Indonesia tetap nomor satu!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar