Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Rahasia Gempa Di Sumatera

Minggu, 04 November 2012

Rahasia Gempa Di Sumatera


Rahasia Gempa di Sumatera
    
Kita tinggal di planet bumi yang sangat besar.  Jika kamu ingun tahu seperti apa planet bumi kita, ambilah semangkuk susu. Tuangkan sereal di mangkuk susu itu dan taruh seekor semutt di atas sereal. Nah, jika dilihat dari antariksa, manusia mirip semut yang tinggal di atas sereal itu. Ya, daratan atau tempat tinggal manusia, mirip kepingan sereal di atas susu.
    Di dalam perut Bumi, ada cairan besi panas yang selalu bergerak. Cairan besi panas ini mirip susu di dalam mangkuk sereal. Gerakkan besi cair di perut Bumi menyebabkan kepingan benua di Bumi Bergerak. Mirip gerakkan susu di mangkuk yang membuat kepingan sereal bergerak. Hmm, keping-keping sereal kadang bertabrakan bukan? Nah, gerakan cairan besi di perut Bumi juga bisa menyebabkan kepingan benua di Bumi bertabrakan. Ilmuwan menyebut kepingan benua di Planet Bumi sebagai Lempeng Benua. Planet Bumi kita saat ini mempunyai 16 lempengan.
    Pulau Kalimantan dan Sulawesi terletak di lempeng Eurasia. Pulau Papua terletak di lempeng Benua Ausralia. Pulau Sumatera,Jawa,Bali,Nusa Tenggara, dan Maluku terletak di pertemuan lempeng benua Eurasia dan lempeng benua Australia. Lempeng benua Eurasia dan Lempeng benua Australia bergerak 2 cm tiap tahunnya dan selalu bertabrakan. Hasil tabrakan itu adalah Bukit Barisan di Sumatera dan gunung-gunung berapi di Jawa, Bali, dan Flores.
    Tabrakan lempeng kadang menyebabkan lempeng jadi patah. Nah, saat lempeng patah inilah kita merasakan gempa. Ssst, ilmuwan menduga gempa di Sumatera ada siklusnya,lo. Ilmuwan menduga gempa Sumatera terjadi tiap 100-200 tahun.

1 komentar: