Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Jajanan Yang Sehat

Selasa, 08 Januari 2013

Jajanan Yang Sehat



Kamu pasti sudah tahu, tubuh manusia terbuat dari banyak sel. Sel ini berukuran sangat kecil, hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Meskipun kecil, sel manusia mempunyai banyak “mesin”. Mesin di dalam sel manusia sama seperti mesin mobil. Namun, sel manusia lebih canggih.

Nah, mesin sel manusia juga membutuhkan bahan bakar. Bahan bakar itu berupa makanan, yaitu air, gula, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Mesin sel manusia hanya mau bekerja baik jika diberi makanan yang alami.

Pada awalnya, manusia memperoleh makanan secara alami dari biji-bijian, buah, sayuran, dan daging binatang. Nenek moyang manusia sudah belajar membedakan makanan beracun dan tida beracun sejak jutaan tahun lalu. Pengetahuan makanan yang berguna itu diwariskan turun temurun. Contohnya, sampai sekarang, manusia tahu dan suka rasa manis karena gula dibutuhkan sebagai tenaga. Lalu, manusia moderen berhasil menciptakan zat baru yang rasanya mirip gula, protein, atau lemak. Zat baru itu tidak dibuat dari tumbuhan agar murah. Misalnya, ada zat yang rasanya manis tetapi bukan dari tebu. Zat baru itu hanya tiruan zat alami.

Apa yang terjadi saat mesin sel diberi zat tiruan?
Wuah, mesin sel rusak. Tubuh pun jadi sakit. Nah, makanan yang baik adalah makanan yang alami. Dihasilkan dari tumbuhan segar, binatang yang sehat, serta dibuat di tempat yang bersih. Bila jajan, lihatlah kebersihan penjualnya, serta bahan pembuat yang tertera pada kemasan. Warna yang mencolok biasannya berasal dari bahan yang berbahaya. Lebih baik membawa bekal dari rumah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar