Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Rahasia Kuning Telur Di Tengah

Minggu, 25 November 2012

Rahasia Kuning Telur Di Tengah


Rahasia Kuning Telur Di Tengah

Telur banyak mengandung protein, lemak, mineral, dan vitamin. Telur berisi kuning telur dan putih telur. Warna putih telur sebenarnyabening agak abu-abu. Warna abu-abu itu disebabkan gas karbon dioksida. Sebenarnya, kuning dan putih telur adalah makanan yang disiapkan untuk bayi ayam.

Awalnya, bayi ayam berupa titik darah kecil. Titik darh ini biasa disebut embiro. Embiro makan kuning telur. Jika kuning telur habis,  embiro makan putih telur. Sampai akhirnya, embiro berubah menjadi anak ayam. Namun, tidak semua telur ayam berisi embiro. Telur yang dijual di pasar (telur komersial) tidak memiliki embiro. Telur komersia dihasilkan oleh industri ayam petelur.

Telur yang berumur 1-3 hari disebut telur segar. Kuning telur segar berada di tengah putih telur. Kuning dan putih telur segar tampak cembung dan kental. Karena protein telur saling jalin menjalin. Tapi, jalinan protein jadi rusak setelah umur telur lebih dari tiga hari. Jalinan protein bisa rusak karena suhu udara yang panas. Jalinan protein juga rusak gara-gara embiro. Saat jalinan protein rusak, maka putih telur berubah encer. Kuning telur tidak lagi berada di tengah jika putuh telur encer.

Telur komersial paling baik disimpan di lemari es. Sayangnya, telur komersial di Indonesia tidak selalu bersih. Kotoran ayam kadang masih menempel di cangkang telur. Cangkang telur yang kotor sangat berbahaya. Kotoran ayam mengandung bakteri penyebab sakit perut dan tifus. Cucilah tangan dengan sabun setelah memegang telur. Telur kotor jangan disimpan di kulkas agar bakteri tidak menyebar dalam kulkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar