Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Rahasia Gunung Meletus Di Laut

Jumat, 23 November 2012

Rahasia Gunung Meletus Di Laut


Rahasia Gunung Meletus di laut

Kenapa ya, gunung berapi bisa meletus juga di dasar laut?
Bukankah api akan mati jika terkena air?

Ini di jawabannya...

Benar, api akan padam saat kena air. Namun, apinua gunung api di dalam laut punya cerita unik,lo!

Begini ceritanya, di dalam perut Bumi, terdapat besi yang super panas. Panas besi di perut Bumi sekitar 5.430°C. Wuih, panasnya luar biasa. Untungnya, besi itu ditutupi oleh lapisan batu d an tanah yang sangat tebal. Sehingga manusia yang tinggal di atas daratan tidak merasakan panasnya.

Namun, batuan yang berdekatan dengan besi panas di perut Bumi, tentu saja meleleh. Batuan yang meleleh itu juga berpijar saking panasnya. Batuan yang meleleh dan berpijar ini disebut magma. Suhu magma tetap sangat panas, sekitar 1000°C.

Nah, kadang-kadang ada lubang di permukaan Bumi berupa gunung. Magma sering keluar melalui lubang tersebut. Magma kadang mengalir pelan-pelan keluar dari lubang. Kadang magma juga bisa menyembur atau meletus. Saat keluar di dalam laut, magma yang super panas mendidihkan air di sekitarnya. Magma yang sudah keluar ini lalu membeku, jadi lapisan tanah baru di dasar lautan.

Sayangnya, jumlah magma di perut Bumi banyak sekali. Magma yang sudak keluar selalu digantikan oleh magma baru. Oleh karena itu, letusan gunung api di dalam laut seolah-olah tidak padam. Padahal, sebenarnya, magma yang sudah keluar membeku jadi lapisan tanah baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar