Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Masa Kecil Yang Terlupa

Kamis, 22 November 2012

Masa Kecil Yang Terlupa



Masa Kecil Yang Terlupa
Tidak usah khawatir! Semua anak dan orang dewasa tidak ingat pengalaman saat bayi dan taman kanak-kanak. Itu adalah keadaan normal pada manusia. Karena otak manusia belum berkembang sempurna sampai usia empat tahun. Peristiwa dimana manusia tidak ingat sebelum usia empat tahun disebut amnesia kanak-kanak.

Otak manusia terdiri dari banyak sel. Sel otak disebut sel neuron . Sel neuron bertanggung jawab pada ingatan manusia. Saat matamu membaca artikel ini, maka milyaran sel neuron berpijar dalam otak. Mata memberitahu neuron apa yang dilihat. Neuron lalu menyimpan selama sepersekian detik. Karena itu, kamu bisa ingat judul artikel ini adalah  Masa Kecil Yang Terlupa. Nah, agar ingatan tahan lama (misalnya, sampai kamu kuliah) , maka otak memberi kode penyimpanan. Kode ingatan dikerjakan di bagian otak yang bernama Hipokampus. Sayangnya ingatan manusia menurun secara bertahap saat tua.

Ahli gizi berpendapat makanan bergizi  penting untuk membentuk otak sampai usia 5 tahun. Lewat dari usia 5 tahun, makanan brgizi tidak banyak menambah kecerdasan. Oleh karena itu, bayi sebaiknya mendapat gizi yang baik agar otak tumbuh maksimal. Tapi, manusia tetap butuh makanan bergizi sampai tua untuk mengganti sel otak yang usang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar