Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Cincin Di Jari Manis

Kamis, 08 November 2012

Cincin Di Jari Manis


Cincin Di Jari Manis

    Pada zaman dahulu, pria Mesir Kuno menyematkan cincin di jari istrinya sebagai tanda dia percaya pada kemampuan istrinya merawat keluarganya. Pada abad ke-2 Masehi, wanita Romawi memakai cincin emas sebagai bukti telah menikah. Cincin emas itu hanya dipakai saat mereka bepergian keluar rumah. Pekerjaan rumah tangga bisa memudarkan keindahan emas di cincin tersebut.
    Baru pada tahun 860, orang Romawi memulai tradisi memberi cincin saat pesta pernikahan. Orang Inggris dan Irlandia lalu meniru gaya menyematkan cincin saat menikah pada tahun 1300-an.
    Cincin perkawinan memang banyak dipakai di jari manistangan kiri. Orang memakai cincin kawin di tangan kiri karena tangan kiri jarang dipakai bekerja. Kebiasaan memakai cincin di jari manis juga dipengaruhi dongeng Yunani. Dongeng Yunani menyebutkan, jari manis paling spesial karena nadi darah di jari manis langsung menuju jantung. Dongeng itu tidak benar. Karena, nadi darah yang ada disetiap jari manusia dan semua nadi darah langsung menuju ke jantung.
    Catatan sejarah menunjukkan cara memakai cincin kawin tergantung selera orang. Misalnya, orang Inggris di zaman Ratu Elizabeth 1, lebih suka memakai cincin di ibi jari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar