Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Asal Usul Susu

Minggu, 04 November 2012

Asal Usul Susu


Asal Usul Susu

Susu adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu. Muara kelenjar susu berada di puting susu. Kelenjar susu atau mamae terdapat pada tubuh mamalia betina. Contoh mamalia adalah manusia, orang utan, monyet, sapi, kuda, kelinci, tikus, dan lainnya.

Lalu, dari mana susu berasal? Ketika mamalia betina mengandung bayi, kelenjar susu di tubuhnya mulai memproduksi susu. Ketika bayinya lahir, produksi susu ibu bertambah dengan sendirinya. Semakin banyak si bayi menyusu, semakin banyak juga susu yang dihasilkan kelenjar susu.

Susu adalah makanan yang paling tepat untuk bayi mamalia. Contohnya; seekor ibu kelinci hanya menghasilkan sedikit susu untuk bayinya. Namun, meskipun sedikit, susu kelinci sudah cukup untuk pertumbuhan tulang, bulu, daging, dan otak bayi kelinci.

Sel-sel kelenjar susu menerima kiriman makanan dari darah ibi mamalia. Bahan makanan itu lalu diolah menjadi gula susu, lemak, air, vitamin, dan mineral. Tiap mamalia membutuhkan bahan makanan yang berbeda beda untuk membuat susu. Namun, uniknya, semua mamalia perlu makan banyak sayur atau dedaunan untuk menghasilkan susu yang banyak.

Ibu yang punya bayi yang masih menyusui, harus mengkonsumsi makanan bergizi.Jika produksi susunya banyak, bayinya tidak akan kekurangan susu ibu untuk tumbuh dengan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar