Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Rahasia Bau Hujan Yang Khas

Selasa, 08 Januari 2013

Rahasia Bau Hujan Yang Khas



Yaps, bau hujan turun di musim kemarau sangat khas. Bau khas itu kadang dinamai bau tanah basah. Baunya miriphutan yang segar. Bau tanah basah tidak hanya terjadi gara-gara hujan. Ketika kamu menyiram tanah kering, kamu juga akan mencium bau tanah basah. Jadi, apa sebenarnya bau tanah basah itu?

Asal usul bau tanah basah itu begini, lo. Ada bakteri yang hidup di tanah. Namanya yaitu Actinomycetes. Bakteri adalah makhluk hidup yang super kecil. Bakteri tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Bakteri hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Bakteri hanya hidup jika ada air. Saat tidak ada air, bakteri berubah wujud jadi spora. Spora mirip kantong tidur bagi bakteri. Bakteri tertidur nyenyak di dalam kantong spora. Bakteri baru bangun atau hidup lagi jika dapat air.

Nah, karena ukuran bakteri super kecil, maka tetesan air hujan mirip tendangan bola saat jatuh ke tanah. Begitu tetes air menimpa tanah, spora bakteri berhamburan di udara. Pyaar! Sebagian spora itu mengenai hidung manusia. Oleh karena itu, hidung manusia lalu mencium bau khas hujan. Itulah bau tanah basah. Jadi, bau tanah basah sebenarnya adalah bakteri Actinomycetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar