Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Kue Ulang Tahun

Kamis, 08 November 2012

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun
Merayakan ulang tahun tidak harus dengan kue tart dan meniup lilin. Tiap orang punya kebiasaan yang unik di setiap daerahnya.

Kebiasaan merayakan ulang tahun dengan kue tart dan tiup lilin, berasal dari tradisi Yunani Kuno. Orang Yunani Kuno membuat kue ulang tahun berbentuk bulat sebagai rasa syukur. Kue itu dipersembahkan kepada Dewi Bulan. Oleh karena itu, meniru bentuk bulan yang bulat dan memberi lilin agar kue bercahaya seperti bulan purnama. Mereka juga menambahkan satu lilin sebagai lambang keberuntungan bagi yang berulang tahun. Lilin itu lalu ditiup sambil mengucapkan doa dan harapan. Tradisi kue ulang tahun YunaniKuno ini juga dipakai orang Jerman dan Eropa lainnya untuk merayakan ulang tahun. Orang Indonesia mengenal tradisi kue ulang tahun dan tiup lilin saat Orang Belanda datang ke Indonesia.

Orang Jawa punya tradisi merayakan ulang tahun dengan nasi kuning. Ada juga yang merayaan dengan bancakan atau kendurian sambil membagi mangkok daun pisang berisi nasi urap. Setiap daerah punya tradisi unik merayakan hari lahir. Nah, apa kebiasaan daerahmu untuk merayakan ulang tahun? Kamu bisa memakai tradisi daerahmu untuk merayakan ulang tahunmu. Pasti seru dan tidak kalah menarik dari tradisi daerah manapun. Pasti seru, jika orang yang ulang tahun dari berbagai daerah dan negara merayakan dengan cara masing-masing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar