Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Rahasia Perut Lapar Yang Berbunyi

Selasa, 08 Januari 2013

Rahasia Perut Lapar Yang Berbunyi



Krucuk...Krucuk...Itulah bunyi perut saat lapar. Hmm, apa sebenarnya yang terjadi di dalam perut kita saat lapar?

Perut manusia mirip terowongan panjang di dalam tubuh. Terowongan perut berawal dari mulu dan berakhir di anus. Terowongan di perut ada yang berupa kantong besar, saluran yang halus, saluran yang berlipat-lipat dan berliku. Kantong besar di perut manusia dinamakan lambung.Saluran halus setelah lambung disebut usus halus. Saluran besar yang berlipat dan berliku disebut usus besar. Ujung usus besar biasa disebut rektum dan anus.

Terowongan perut selalu bergerak dan meremas-remas secara otomatis. Dalam keadaan wajar, terowongan perut bergerak 3-10 kali tiap menit. Gerak terowongan perut semakin kuat saat ada makanan. Gerak terowongan bisa terjadi karena ada sinyal listrik di perut,lo. Tentu saja, sinyal listriknya sangat kecil. Mirip kedutan yang terjadi di mata. Sinyal listrik di terowongan perut biasa disebut MMC(Migrating Myoelectric Comlexes).

Uniknya, MMC mirip radar. Tugas MMC memantau ada makanan atau tidak sepanjang terowongan perut. Jika tidak ada makanan, MMC memerintahkan terowongan perut meremas apa saja yang ada di perut. Entah itu sisa makanan atau gas. Kalau masih ada sisa makanan, perut tidak akan sakit saat terowongan perut meremas-remas. Jika hanya ada gas, maka bunyi krucuk-krucuk akan terdengar saat lapar. Nah, jika sama sekali tidak ada makanan, terowongan perut akan meremas dinding terowongan perut sendiri! Uh,uh sakitnya bukan main kalau dinding terowongan perut diremas! Oleh karena itu, kamu harus rajin sarapan, makan siang, dan makan malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar