Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Wisata Kebun Bakteri

Kamis, 08 November 2012

Wisata Kebun Bakteri

Wisata Kebun Bakteri

Bakteri adalah makhluk hidup yang berukuran sangat kecil. Ukuran bakteri adalah 0, 5-5 mikrometer ( satu mikrometer sama dengan seperjuta meter ). Oleh karena itu, Bakteri tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Artinya, tangan yang tampak bersih, sebetulnya mengandung banyak bakteri.

Jumlah bakteri di dalam tubuh manusia sangat banyak. Jumlahnya mencapai trilyunan. Bakteri bisa di rambut, kulit, ketiak, mulut, lambung, dan usus manusia.

Jenis bakteri yang ada di tubuh manusia juga bermacam-macam. Ilmuwan menjuluki tubuh manusia sebagai kebun bakteri. Seandainya bakteri bisa dilihat dengan mata telanjang, maka kebun bakteri sama dengan kebun binatang.

Seandainya ada tur wisata ke kebun bakteri, maka kamu akan melihat bakteri punya tempat atau kandang masing-masing. Bakteri yang tinggal di kulit berbeda dengan bakteri yang tinggal di usus. Di kulit saja, ada 205 jenis bakteri. Di usus, ada 500 jenis bakteri. Di kulit, kamu bisa menemukan bakteri bulat-bulat bernama Staphylococcus yang suka menyebabkan jerawat. Di usus, kamu akan melihat bakteri berbentuk batang yang bernama Lactobacillus.

Bakteri punya tempat tinggal berbeda-beda di tubuh manusia karena bakteri punya selera makan yang berbeda-beda. Bakteri di usus suka makan makanan berserat. Sedangkan bakteri di kulit, suka lemak. Tentu saja, jika makanan berlimpah bakteri-bakteri itu akan tumbuh subur. Kulit yang berminyak dan kotor membuat bakteri tumbuh subur. Hasilnya, wajah jadi berjerawat dan badan pun bau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar