Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Bintang Yang Berkelap-kelip

Jumat, 23 November 2012

Bintang Yang Berkelap-kelip


Bintang Yang Berkelap-kelip
Apakah kamu tahu Planet Bumi diselimuti udara? Ya, udara yang menyelimuti Planet Bumi disebut atmosfir. Atmosfir berupa udara atau gas.

Udara di atmosfir Bumi sangat tebal. Udara ini kadang-kadang bergerak. Seandainya bisa dilihat dengan mata telanjang, maka udara mirip laut yang bening. Permukaan lau kadang-kadang tenang, kadang-kadang bergerak atau berombak. Jadi, bisa dibilang, kita seperti tinggal di bawah lautan udara dan binatang berada di permukaan laut.

Nah, jika lautan udara bergerak, bintang yang kita lihat dari Bumi seperti bergerak. Mirip seperti saat kamu melihat benda dari bawak permukaan air kolam renang. Binatang yang dilihat saat lautan udara bergerak itulah yang disebut bintang berkelap-kelip.

Bintang tidak tamak berkelap-kelip jika dilihat di luar atmosfir Planet Bumi. Bintang seperti titik-titik cahaya yang diam di luar angkasa. Taukah kamu apa sebabnya? Yap, itu karena di luar angkasa tidak ada udara.

Para pengamat bintang atau astronom lebih menyukai bintang yang tidak berkelap-kelip. Bintang yang berkelap-kelip lebih sulit diukur besar dan jaraknya. Oleh karena itu, biasanya astronom mencari waktu dan tempat yang udaranya tenang. Misalnya di puncak gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar