Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Penyebab Buah Busuk

Minggu, 04 November 2012

Penyebab Buah Busuk


Ulat Suka Buah Busuk?/

Penyebab Buah Busuk
   
Memang betul, buah yang ada ulatnya tampak busuk. Namun, sebenarnya, bukan ulat yang membuat buah busuk,lo. Ulat adalah telur serangga yang menetas. Ulat biasanya juga disebut sebagai larva serangga.Hmm, larva ini juga boleh disebut sebagai bayi serangga. Serangga yang menghasilkan larva antara lain: kupu-kupu, lebah tabuhan,lalat...
    Ibu serangga tahu, larva atau bayi mereka butuh makanan untuk pertumbuhannya. Oleh karena itu, ibu serangga selalu meletakkan telurnya di tempat yang dapat menjadi sumber makanan anaknya.
   Ibu serangga kadang menusukkan atau meletakkan telurnya di bakal buah tanaman. Saat telur menetas, ukuran ulat masih kecil sekali. Ulat yang kecil itu melubangi kulit buah, masuk ke dalam buah, dan makan buah dari dalam. Wah, daging buah jadi berlubang dan kena udara. Lubang buah itu menyebabkan udara masuk. Hmm,rupanya bakteri ikut masuk saat udara masuk ke dalam daging buah. Bakteri inilah yang menyebabkan buah busuk. Jadi, sebenarnya ulat suka buah yang segar. Buah jadi busuk karena pekerjaan bakteri. Ulat kerjanya makan dan makan terus. Jika sudah kenyang dia jadi kepompong. Lalu, kepompong berubah jadi kupu-kupu yang cantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar