Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Pelangi Yang Melengkung

Senin, 28 Januari 2013

Pelangi Yang Melengkung


Kenapa ya, pelangi bentuknya melengkun?

Apakah kamu sudah memperhatikan kapan pelangi muncul? Yaps, pelangi muncul jika ada matahari saat atau setelah turun hujan.

Sinar matahari sebenarnya terdiri dari berbagai sinar. Bahasa kerennya, sinar matahari terdiri dari sinar dengan berbagai panjang gelombang. Ada sinar gelombang yang panjang. Ada pula sinar gelombang pendek. Nah, mata manusia hanya bisa melihat panjang gelombang tertentu. Yaitu, sinar matahari yang memiliki panjang gelombang 7000 – 4000 Amstrong. Mata manusia melihat gelombang ini sebagai berkas sinar berwarna putih. Jika sinar putih matahri menembus kaca, maka mata manusia bisa melihat sinar matahari terpecah jadi 7 warna. Itulah sinar berwarna merah, jinnga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Urutan sinar matahari sering dihafalkan dengan nama mejikuhibiniu.

Udara penuh dengan butir-butir air saat hujan. Air mirip butirang kaca yang bening. Sinar matahari juga bisa menembus air, sama seperti sinar matahari dapat menembus kaca. Uniknya, sinar matahari tidak berjalan lurus saat menembus kaca. Sinar matahari berbelok 42 derajat. Akibatnya, sinar mejikuhibiniu juga berbelok 42 derajat! Hasilnya, kamu melihat pelangi melengkung atau setengah lingkaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar