Domo-kun Cute Nanda Verafa Blog: Kenapa Air Laut Rasanya Asin?

Selasa, 08 Januari 2013

Kenapa Air Laut Rasanya Asin?





Rasa asin air laut disebabkan zat kimia. Zat kimia yang rasanya asin biasa disebut sebagai garam.

Darimana asal usulnya garam di laut? Ceritanya berawal dari matahari. Yaps, panas matahari menyebabkan air laup menguap. Uap air lalu berubah menjadi titik-titik air di awan. Titik air di awan ini tidak mengandung garam. Titik air di awan akhirnya jadi hujan. Nah, saat air huja menggerus tanah, batuan, dan sisa makhluk hidup, maka air mendapat garam. Air yang mengandung garam kemudian jadi mata air, danau dan sungai. Air sungai rata-rata mengandung 200 juta ton garam.


Semua sungai di permukaan bumi mengalir ke laut. Oleh karena itu, air laut mengandung 4 milyar ton garam. Seandainya air laut menguap semua, maka permukaan Bumi akan tertutup garam setinggi gedung 40 lantai. Hihihi... Manusia bukan tenggelam di laut, tapi tenggelam dalam garam!

Jadi, sebenarnya, semua air di Planet Bumi mengandung garam. Namun, manusia terlanjur melabel-i air laut terasa asin dan air sungai terasa tawar. Uniknya, rasa asin air laut berbeda-beda. Air di Laut Merah dan Teluk Persia paling asin di Planet Bumi. Laut yang paling tawar adalah Laut Baltik dan Laut Hitam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar